-->

Cara menghafal bentuk karakter wayang pandawa

Yudhistira, Bima, Arjuna. Nakula dan Sadewa
Wayang pandawa merupakan karakter yang sangat kuat dalam cerita pewayangan di Jawa, akan tetapi seiring berkembangnya jaman, kebudayaan semakin terpinggirkan. Banyak orang - orang dikalangan seni dan pecinta budaya hafal betul dengan karakter/bentuk tokoh wayang pandawa, namun banyak pula orang jawa yang kurang paham dengan perbedaan karakter wayang Yudhistira dengan Bima dsb. Bagaimana dengan anda?Sudahkan anda mampu membedakan nama dan bentuk karakter wayang Pandawa diatas?

Untuk membedakannya akan saya jelaskan detailnya dibawah ini:
1. Yudhistira/Puntadewa memiliki rambut yang membulat (gelungan)
2. Bima/Werkudara memiliki kepala bulat dan hidung yang besar, biasanya memiliki jarak kaki yang lebar (mbegagah)
3. Arjuna/Janaka meliki badan kurus dan kepala melihat kebawah (ndengkluk) sebagaimana karakternya yang sederhana tidak sombong
4. Nakula dan Sadewa memiliki bentuk karakter yang sama, hal itu dikarenakan mereka berdua adalah anak kembar. Hanya saja biasanya karakter Nakula berwarna lebih gelap dari Sadewa, namun ada pula yang menggambarkan mereka berdua benar-benar kembar alias tidak ada bedanya. Karakter Nakula dan Sadewa memiliki kepala yang lebih mendongak keatas daripada kepala Arjuna dan juga memiliki kalung yang panjang sampai ke pakaiannya.

Demikian perbedaan masing-masing karakter wayang Pandawa, semoga bermanfaat.FDY DRN

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "Cara menghafal bentuk karakter wayang pandawa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel